10 Januari 1981 Uruguay Meraih Gelar Mundialito

10 Januari 1981 Uruguay Meraih Gelar Mundialito

10 Januari 1981 Uruguay Meraih Gelar Mundialito

10 Januari 1981 Uruguay berhasil meraih gelar juara turnamen Mundialito atau biasa disebut Piala Dunia Mini dan juga sering disebut Copa de Oro de Campeones Mundiales setelah berhasil mengalahkan Brasil dengan skor 2-1 di partai final. Turnamen ini sendiri digelar mulai tanggal 30 Desember 1980 hingga 10 January 1981 merupakan pergelaran Piala Dunia Mini untuk memperingati 50 tahun digelarnya Piala Dunia pertama. Dan turnamen ini sendiri akhirnya digelar di Montevideo, Uruguay.

Untuk mengangkat gengsi turnamen ini, para peserta turnamen Piala Dunia Mini sendiri bukan Negara yang bisa dipandang remeh. Semua Negara yang pernah menjadi juara Piala Dunia akhirnya ikut serta. Tercatat selain Uruguay dan Brasil, terdapat pula nama Inggris, Jerman Barat, Italia dan juga Argentina. Namun akhirnya The Three Lions menolak untuk ikut serta dalam turnamen ini. Akhirnya Belanda yang pernah menjadi runner-up Piala Dunia pada tahun 1974 dan 1978 menggantikan peran Inggris di turnamen tersebut. Turnamen sendiri dibagi menjadi grup A yang diisi oleh Uruguay, Italia dan Belanda dan grup B yang diisi oleh Argentina, Brasil dan Jerman Barat.

Uruguay mendominasi grup A pasukan Rosque Maspoli ini berhasil mengalahkan Belanda dengan skor 2-0 dan berhasilmenaklukkan Italia dengan skor 2-0 pada laga berikutnya. Sedangkan di grup B, Brasil dan Argentina mempunyai poin yang sama setelah keduanya hanya bermain imbang dan berhasil mengalahkan Jerman Barat. Namun akhirnya Diego Maradona harus menyerah dan memberikan tiket final karena Brasil mempunyai selisih gol yang jauh lebih baik disbanding Argentina. Maradona cs hanya menang tipis 2-1 atas Jerman Barat.  Sedangkan Selecao menang besar dengan skor 4-1.

Laga final Uruguay dan Brasil sendiri berlangsung menarik. Laga final seperti deja vu final Piala Dunia 1950. Yang membuat menarik adalah pelatih Uruguay di ajang Mundialito sendiri merupakan kiper timnas Uruguay pada Piala Dunia 1930. Interval pertama berjalan tanpa gol. Dan akhirnya Uruguay yang menjadi tuan rumah sukses mencetak gol pada menit ke 50. Jorge Barrios mampu memanfaatkan kemelut di depan gawang Brasil dan mengubah papan skor menjadi 1-0.

Selang 12 menit kemduian, Brasil mampu mencetak gol untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui gol penalty dari Socrates. Namun tampaknya mimpi buruk Brasil di ajang final Piala Dunia 1950 masih terngiang-ngiang. Uruguay berhasil mencetak gol pada selang 10 menit menuju jeda untuk menutup laga menjadi 2-1. Tendangan bebas dari sektor kiri pertahanan Brasil, berhsail dimaksimalkan oleh Waldemar Victorino. Brasil sendiri akhirnya harus kembali merasakan kenangan pahit 30 tahun lalu ketika Uruguay akhirnya kembali mampu menjadi juara dan unggul 1 gol hingga laga usai.