Berita Bola Online Kiper Masa Depan Ravi Murdianto

Kiper Masa Depan Ravi Murdianto

Kiper Masa Depan Ravi Murdianto

Berita Bola Online – Dalam sepak bola, setiap pemain mempunyai peran serta fungsi masing-masing. Meskipun demikian pemain yang mempunyai posisi sebagai penyerang atau gelandang serang yang sering mencetak gol dan membuat peluang lebih dikenal publik. Umumnya, pencetak gol lebih dikenang sebagai seorang pahlawan daripada yang lainnya. Namun, apabila pertandingan harus diakhiri dengan drama penalti, maka seorang kiper bisa muncul menjadi pahlawan penting. Hal itu yang dialami oleh Ravi Murdianto bersama timnas U-19. Ravi memang tidak begitu dikenal hingga akhirnya dia jadi pahlawan di pertandingan final Piala AFF U-19. Ravi bermain mulai pertandingan pertama sebagai seorang kiper namun dia kalah populer jika dibandingkan dengan pemain lain seperti Evan Dimas serta Ilham Udin Armayin.

Ravi berhasil menahan tiga tendangan penalti yang dilakukan pemain Vietnam di pertandingan final yang menjadikan Indonesia memenangkan adu penalti. Hal tersebut membuat Ravi disebut sebagai seorang pahlawan. Sikap rendah hati diperlihatkan oleh Ravi tidak hanya ditunjukkan melalui perkataan namun juga di dalam perbuatan. Sesudah Piala AFF U-19 yang lalu, Ravi dengan rekan-rekannya bertarung untuk ajang Pra Piala Asia U-19 di Jakarta. Dia pun mempunyai target agar Indonesia menjadi juara grup agar lolos ke putaran final Piala Asia U-19 2014. Kunci keberhasil Ravi dalam Piala AFF U-19 dan PPA U-19 yaitu fokus serta konsentrasi. Ravi benar-benar memperhatikan pesan yang disampaikan pelatih kiper yaitu Jarot Supriyadi. Mental Ravi yang telah bagus hasil dari gemblengan pelatih mental yakni Guntur Utomo.

Tiadanya mental yang baik saat diserang terus-menerus bisa membuat konsentrasi hilang. Karena ketenangannya, Ravi sukses mematahkan serangan lawan. Rasanya Ravi memang pantas jadi kiper utama timnas U-19 dan apabila performanya meningkat bisa saja di tahun-tahun yang akan datang dirinya menjadi pilihan utama menjadi kiper timnas U-23 serta kiper timnas senior. Perjuangan serta pengorbanan Ravi dan keluarganya telah membuahkan hasil yang sangat luar biasa. Dia tidak hanya membuat bangga orang tuanya namun juga semua rakyat Indonesia karena penampilannya yang gemilang. Ravi tetap rendah hati walaupun telah meraih prestasi. Saat pulang ke rumahnya, Ravi tetap membantu sang ibu di warung makan kecil.

Ravi tidak malu membantu sang ibu karena berkat warung tersebut juga dirinya bisa menjadi seperti saat ini. Ke depannya, Ravi harus mampu menjaga fokusnya dalam bermain sepak bola. Jalan bagi Ravi masih panjang. Masih banyak hal yang harus dia tingkatkan seperti kemampuan dalam mengatur pertahanan yang memang harus dimiliki oleh seorang penjaga gawang. Sistem promosi serta degradasi di timnas U-19 cukup bagus untuk memotivasinya agar terus berlatih keras. Apabila menyepelekan latihan, Ravi bisa saja dicoret. Diharapkan agar Ravi tetap semangat dan selalu disiplin berlatih supaya kelak bisa menjadi kiper kebanggan Garuda. Berita Bola Online