Berita Bola Online Walikota Bandung Akan Tiru Brasil

Walikota Bandung Akan Tiru Brasil

Walikota Bandung Akan Tiru Brasil

Berita Bola Online – Ridwan Kamil yang menjabat sebagai wali kota Bandung punya mimpi yang tinggi. Ridwan Kamil mempunyai gagasan untuk mengembalikan kejayaan sepak bola di tanah Bandung. Ini karena menurut Ridwan, gairah prestasi sepak bola di Bandung sedang menurun. Persib Bandung yang menjadi ikon sepak bola Bandung sudah lebih dari satu dekade tidak mengecap gelar. Pelita Bandung Raya yang merupakan gabungan Bandung Raya dan Pelita Jaya Purwakarta malah hampir terdegradasi musim ini. Tim nasional pun sudah sedikit dibela pemain berdarah bandung asli.

Ridwan Kamil mengaku punya langkah khusus yang prosesnya tidak buru-buru. Ridwan akan meniru langkah yang dilakukan oleh Brasil. Konsepnya sebenarnya sederhana yaitu menjadikan sepak bola sebagai budaya. Ridwan mengatakan Brasil mempunyai semua fasilitas yang mendukung sepak bola untuk menjadi budaya di negeri itu dan tidak heran jika Brasil menjelma sebagai salah satu negara dengan kultur sepak bola paling kuat di dunia dan menghasilkan banyak pemain terbaik. Brasil memang mempunyai banyak lapangan sepak bola di setiap sudut kota yang bisa dipakai bermain oleh warganya. Keseharian warga yang dekat dengan sepak bola ini yang membuatnya menjadi budaya sehari-hari rakyat Brasil.

Untuk membangun kultur sepak bola di Bandung, Ridwan Kamil rencananya akan membangun lapangan sepak bola di tiap kecamatan seluruh Bandung. Program ini akan berjalan secara perlahan. Ridwan sudah memberi instruksi kepada Dinas Aset Kota Bandung dan para camat dengan meminta kalau ada lahan kosong maka diminta untuk dirubah menjadi lapangan sepak bola yang bisa dipakai oleh masyarakat. Bahkan jika perlu lapangan itu dibangun dengan rumput berstandar internasional. Ridwan bahkan sangat ambisius dengan rencananya karena juga berencana akan melengkapi lapangan di setiap kecamatan dengan fasilitas lampu yang layak agar masyarakat bisa memakai lapangan kapan saja. Saat ini jarang sekali lapangan di Indonesia setingkat kecamatan yang mempunyai fasilitas penerangan.

Ridwan menerangkan sepak bola menjadi budaya di Brasil karena selama puluhan tahun mereka mempunyai lapangan di setiap sudut daerah yang mempunyai kualitas rumput dan penerangan yang layak, Ridwan berharap dengan banyaknya lapangan yang ada di Bandung bisa membuat Bandung sebagai daerah penghasil pemain bola hebat di Indonesia. Ridwan juga mengatakan rencananya ini sebagai benih yang suatu saat nanti bisa dipanen hasilnya. Program ini sebenranya sudah dimulai dengan membangun dua lapangan sepak bola. Dua lapangan tersebut adalah lapangan PPI dan satu lapangan yang berada di daerah Ujungberung. Untuk lapangan PPI sendiri, tiga bulan lagi sudah bisa dibuka untuk umum. Tidak hanya fasilitas lapangan sepak bola, di sana juga dibangun taman dengan fasilitas hotspot internet. Rencananya akan dibangun juga sebuah museum sepak bola di tempat ini. Berita Bola Online