Berita Piala Dunia Ethiopia Kalah Melawan Nigeria

Ethiopia Kalah Melawan Nigeria

Ethiopia Kalah Melawan Nigeria

Berita Piala Dunia – Ethiopia sebuah negara yang menjadi tema lagu beberapa seniman di Indonesia. Iwan Fals dan Rhoma Irama adalah salah dua orang seniman yang menciptakan lagu karena terinspirasi negara tersebut. Kondisi negara tersebut memang sangat mengenaskan ketika mereka menciptakan lagu-lagu itu. Kemiskinan yang terjadi pada Ethiopia kemudian menimbulkan berbagai macam masalah. Kelaparan dan busung lapar terjadi di mana-mana. Bahkan di ibukota Ethiopia. Beruntung kemudian PBB melalui lembaga-lembaganya membantu Ethiopia seperti FAO untuk makanan, UNICEF untuk anak-anak dan WHO untuk kesehatan akhirnya Ethiopia di akhir tahun 2010 sudah lebih layak untuk disebut sebagai sebuah negara dibandingkan sebelumnya. Sebelum tahun 2010 Ethiopia dijuluki sebagai negara tanpa pemerintahan karena bahkan pemerintahnya tidak peduli pun kalau peduli tidak bisa mengatasi permasalahan yang ada.

Kini bahkan Ethiopia bisa bermimpi menyaksikan wakil-wakil terbaiknya di bidang sepak bola melaku sampai ke Piala Dunia. Ethiopia sejauh ini sudah melanju sampai ke babak semi final play off perebutan tiket dari Zona CAF alias Zona Benua Afrika. Ethiopia haruslah melewati hadangan negara kuat sepak bola di Afrika yakni Elang Super, Nigeria. Nigeria yang bahkan bisa menjadi juara cabang sepak bola Olimpiade Atlanta tahun 1996 memang sekarang sudah dikenal sebagai negara Afrika pemasok pesepak bola berbakat. Era itu dimulai dari era Nwankwo Kanu dan kawan-kawan hingga sekarang diwariskan kepada John Obi Mikel dan rekan-rekannya.

Berita Piala Dunia – Tetapi, Ethiopia tidak gentar akan reputasi tersebut. Publik tuan rumah memadati stadion. Mereka berharap ada sebuah kegembiraan akan diberikan oleh wakil kebanggaan mereka di sepak bola setelah mereka bertahun-tahun hidup menderita. Harapan tersebut sepertinya akan terkabul ketika tendangan penyerang Ethiopia Saladin Said sepertinya sudah akan masuk tetapi berhasil dihalau oleh pemain belakang Nigeria, Oboabona. Sontak para fans membuat koor “booo” ke wasit dan meminta teknologi garis gawang segera diciptakan. Sorakan tersebut terdengar sampai peluit pannjang babak pertama berakhir dibunyikan. Skor sama kuat 0-0 di babak pertama.

Sorakan tersebut berubah kemudian menjadi sorakan nyanyian kegembiraan ketika babak kedua berjalan sepuluh menit. Pemain tuan rumah yakni: Behalu Assefa berhasil menyarangkan bola ke gawang The Super Eagles. Publik tuan rumah menanti sejarah yakni lolos ke Piala Dunia untuk pertama kalinya. Nigeria lalu seperti tertampar. Mereka tidak ingin reputasi mereka rusak begitu saja. Apalagi julukan mereka begitu mentereng sebagai Elang Super. Akhirnya  sepuluh menit berselang dari gol Ethiopia, penyerang andalan Nigeria yakni Emenike berhasil mencetak gol penyeimbang kedudukan. Pertandingan kemudian berjalan seru dan terbuka masing-masing ingin meraih kemenangan. Tetapi, yang mendapatkan keuntungan kali ini adalah Nigeria. Emenike yang dijatuhkan di dalam kotak penalti oleh Hainalem Hailu berhasil mengeksekusi sendiri penalti yang dihadiahkan oleh wasit dua menit jelang waktu normal berakhir. Kedudukan Ethiopia 1-2 Nigeria membuat stadion hening. Sampai akhir pertandinga, Ethiopia akhirnya harus gigit jari. Berita Piala Dunia