Bola Online Sambut ISL, Persebaya Fokus Rekrut Pelatih Baru

Sambut ISL, Persebaya Fokus Rekrut Pelatih Baru

Sambut ISL, Persebaya Fokus Rekrut Pelatih Baru

Bola Online – Persebaya Surabaya yang musim depan akan berlaga di Indonesia Super League (ISL) mulai berbenah dan mempersiapkan segala hal guna menyambut musim baru. Salah satu lini yang akan dibenahi adalah mencari pelatih baru untuk mengarungi kerasnya ISL musim 2013/14. Direktur PT MMIB (Mitra Muda Inti Berlian) Diar Kusuma Putra mengatakan sejauh ini sedikitnya ada empat nama pelatih yang diproyeksikan akan menukangi Bajul Ijo. Diar mengatakan Persebaya akan mengawali proses pembentukan dengan terlebih dahulu memilih pelatih kepala. Diar tidak mau Persebaya Surabaya membangun kekuatan tim tanpa adanya peran langsung dari pelatih. Diar mencontohkan Arema Indonesia yang memiliki banyak pemain berkualitas bintang tetapi hasil yang didapat tidak maksimal karena Arema memilih pelatih ketika tim sudah terbentuk.

Tapi tidak hanya menyebut Arema saja, Diar menilai semua peserta kompetisi Divisi Utama juga melakukan hal yang sama yaitu baru menunjuk pelatih ketika materi pemain sudah setengah terbentuk. Diar tidak mau Persebaya melakukan kesalahan yang sama. Manajemen Persebaya Surabaya menginginkan pembentukan tim didasari oleh kebutuhan dan selera sang pelatih. Ini karena setiap pelatih mempunyai gaya melatih dan strategi sendiri dan membutuhkan tipe pemain yang sesuai dengan kebutuhannya. Setelah menemukan pelatih, baru Persebaya akan mulai merekrut para pemain.

Diar sendiri belum mau membuka nama-nama pelatih yang sedang diincar Persebaya. Diar hanya memberi bocoran dua pelatih tersebut berasal dari luar negeri sedangkan dua sisanya adalah pelatih lokal. Keempat pelatih ini adalah pelatih yang sudah malang melintang di persepakbolaan nasional karena tingginya kualitas pelatih dibutuhkan di ajang ISL. Lalu bagaimana dengan nasib Tony Ho yang mengantar Persebaya menjuarai Divisi Utama dan lolos ke ISL? Diar mengatakan masa depan Tony Ho akan tergantung kepada pelatih Persebaya musim depan. Kemungkinan Tony Ho akan digeser posisinya menjadi asisten pelatih tapi tentang ini akan tergantung pelatih baru apakah menginginkan Tony Ho sebagai asisten pelatih atau tidak.

Pelatih baru biasanya datang dengan tim pleatih mereka sendiri jadi Diar belum akan memastikan nasib Tony Ho musim depan. Jika harus tersingkir dari kursi pelatih Persebaya, prestasi Tony Ho yang mengantarkan Persebaya menjadi juara Divisi Utama tentu akan membuatnya mudah mendapat klub baru. Sementara untuk pelatih baru Persebaya musim depan, dikabarkan satu nama yang paling dekat dengan tim asal jawa Timur adalah Jacksen F Tiago. Jacksen yang saat ini masih menjadi pelatih Persipura Jayapura dan tim nasional senior Indonesia memang memiliki kaitan khusus dengan Persebaya. Jacksen pernah membawa Bajul Ijo menjuarai Liga Super Indonesia saat masih menjadi pemain dan pelatih Persebaya. Bola Online