Diwarnai Insiden, City Meraih Kemenangan

Diwarnai Insiden, City Meraih Kemenangan

Diwarnai Insiden, City Meraih Kemenangan

Diwarnai Insiden, City Meraih Kemenangan – Klub kaya raya Manchester City pulang dengan membawa angka penuh dari kunjungan pertandingannya ke markas lawan. Diwarnai sebuah insiden, City merebut puncak klasemen sementara Premier League dari Chelsea setelah meraih kemenangan 2-0 atas Newcastle melalui gol yang dicetakoleh kedua penyerangnya. Menjalani pertandingandi St. James’ Park, Minggu (12/1/2014) malam, City unggul cepat lewat gol yang diciptakan Edin Dzeko di menit awal babak pertama. Newcastle sempat menyamakankedudukan lewat gol Cheick Tiote pada menit 33, namun dianulir wasit yang memimpin pertandingan itu. Hal inilah yang kemudian menjadi sebuah insiden yang menjadi kontroversi. Sempat bergantian untuk melakukan serangan ke lini pertahanan masing-masing tim, City kemudian berhasil menambah keunggulan pada masa perpanjangan waktu lewat sontekan Alvaro Negredo sebelum pertandingan berakhir.

Diwarnai Insiden, City Meraih Kemenangan – Dengan hasil yang didapat, City untuk sementara naik ke posisi satu klasemen menggeser Chelsea yang sebelumnya menjadi pemuncak klasemen. Tim asuhan Manuel Pellegrini mengemas 47 nilai, unggul satu poin dari Chelsea di urutan kedua. Sedangkan Arsenal berada di peringkat ketiga dan baru akan bermain, Selasa (14/1/2014) dinihari melawan Aston Villa di Villa Park. Sementara Newcastle, tertahan di posisi delapan dengan koleksi 33 angka dari jumlah pertandingan yang telah dijalani. Pada pertandingan ini City membuka keunggulan di menit 7. Berawal dari akselerasi Aleksandr Kolarov di sisi kiri, ia kemudian mengirim umpan silang mendatar ke tengah kotak penalti dan disambut oleh Dzeko yang mampu memanfaatkan peluang. Pada menit 14, Negredo mendapatkan kesempatan menambah keunggulan tim tamu. Penyerang asal Spanyol itu menyambut sepak pojok David Silva, namun masih melambung di atas mistar gawang.

Diwarnai Insiden, City Meraih Kemenangan – Newcastle sempat menyamakan kedudukan lewat Cheick Tiote pada menit 33. Tiote menyambar bola hasil sepak pojok yang dibuang kurang sempurna oleh pemain belakang lawan. Namun gol ini dianulir wasit karena Yoann Gouffran dianggap offside terlebih dahulu. Ia dinilai berada di jalur bola dan bergerak aktif pada saat itu. Sementara tayangan ulang memperlihatkan bahwa Gouffran justru menghindari bola dan tak menyentuhnya sama sekali. City kembali memberikan tekanan pada menit 35. Tendangan bebas Samir Nasri diamankan lini belakang Newcastle dan mengarah ke pemain City. Silvalangsung melakukan tendangan, tapi masih melesat jauh ke sisi kanan gawang. Babak pertama berakhir dengan keunggulan tim asuhan Manuel Pellegrini. City mengawali babak kedua dengan tekanan, yakni pada menit awal setelah wasit meniup peluit tanda pertandingan dimulai.

Diwarnai Insiden, City Meraih Kemenangan – Tapi tembakan mendatar pemain Pantai Gading itu masih mampu ditahan Hart dengan baik. Newcastle kembali menebar ancaman dua menit setelahnya, ketika Moussa Sissoko mengirimkan umpan terobosan kepada Loic Remy yang berdiri bebas. Beruntung bagi kiper, belum sempat Remy menendang, Demichelis mencuri bola dari kakinya. City lalu menjawab dengan sebuah peluang emas dari Negredo di menit 55 babak kedua. Mendapatkan tendangan bebas di sisi kanan pertahanan tuan rumah, David Silva yang bertindak sebagai eksekutor kemudian melambungkan bola ke jantung pertahanan. Bola sukses disambut Negredo namun upayanya dari jarak dekat digagalkan oleh Tim Krul dengan gemilang.

Diwarnai Insiden, City Meraih Kemenangan – Empat menit kemudian, City berbalik tertekan oleh Cabaye dkk. Tendangan keras Yohan Cabaye dari luar kotak penalti memaksa Hart melakukan penyelamatan dan menepis bola menjauh dari gawangnya. Hart kembali melakukan penyelamatan baik pada menit 69 saat menggagalkan duel satu lawan satu dengan Remy di depan gawang. Diawali dari umpan Cabaye, Gouffran kemudian meneruskan bola ke Remy di dalam kotak terlarang. Tapi upayanya telah diantisipasi oleh kiper timnas Inggris itu. Fernandinho kemudian membawa City bangkit dan mambuatancaman di 5 menit sisa waktu normal. Umpan silang Jesus Navas disundulnya dan sempat terlihat akan masuk, tapi bola ternyata masih membentur mistar. Berikutnya giliran Negredo yang membuat peluang untuk menggandakan skor. Diawali akselerasi Silva di sisi sayap, ia menyodorkan bola kepada Negredo yang bebas.

Diwarnai Insiden, City Meraih Kemenangan – Tak berdiri dalam posisi bagus, tendangan pemain bernomor punggung sembilan itu pun dengan pelan masuk ke arah gawang, sementara Krul sudah tidak bisa bergerak. Namun fans tuan rumah bisa bernafas lega setelah Steven Taylor mengamankan bola. Negredo akhirnya benar-benar mencetak gol di menit-menit akhir. Dari skema serangan balik yang cepat, Milner memberikan umpan terobosan kepada Negredo yang tinggal berhadapan dengan kiper. Sempat terbaca pada tendangan pertamanya, bola muntah kembali mengarah pada dirinya dan dengan mudah dimasukkan ke gawang yang kosong melompong.