Kalahkan Newcastle, Arsenal Kembali Ke Puncak

Kalahkan Newcastle, Arsenal Kembali Ke Puncak

Kalahkan Newcastle, Arsenal Kembali Ke Puncak

Klub yang berasal dari London Utara Arsenal kembali menguasai puncak klasemen sementara Premier League. The Gunners memastikan hal tersebut setelah meraih kemenangan 1-0 atas Newcastle United di St James Park. Bermain di St. James’ Park, Minggu (29/12/2013) malam WIB, Arsenal dibuat kesulitan oleh tim tuan rumah yang bermain dengan lini pertahanan yang sangat baik. Hingga jeda babak pertama, belum ada satu gol pun yang tercipta. Arsenal baru bisa memecahkan gol kebuntuan sekaligus kemenangan pada babak kedua. Sebuah sundulan dari striker Prancis Olivier Giroud memastikan “Meriam London” pulang dengan membawa poin penuh. Dengan hasil pertandingan ini, Arsenal mengumpulkan 42 poin dari 19 pertandingan. Mereka berada di posisi teratas klasemen sementara. Unggul satu poin atas Manchester City yang berada di posisi kedua.

Sementara Newcastle ada di posisi ketujuh dengan koleksi 33 poin pada pertandingan ini, 10 menit pertama Arsenal lebih banyak menguasai penguasaan bola. Akan tetapi mereka sangat kesulitan untuk membongkar lini pertahanan tim tuan rumah dan menciptakan peluang. Newcastle sebagai tim tuan rumah lebih dulu mendapatkan peluang. Pada menit 18 babak pertama, umpang silang yang dilakukan Loic Remy bisa dijangkau Moussa Sissoko. Tetapi sundulan dari Sissoko masih bisa diamankan dengan mudah oleh kiper Wojciech Szczesny. Kokohnya pertahanan dari Newcastle membuat Arsenal melakukan tendangan-tendangan jarak jauh. Jack Wilshere melakukan hal tersebut di menit ke 23, tapi tendangannya masih melambung. Dua menit kemudian, Newcastle mendapatkan peluang lagi lewat pemain bek sayap. Namun tembakan voli Mathieu Debuchy masih melenceng.

Tomas Rosicky berpeluang untuk membawa Arsenal unggul pada menit 26. Tapi tendangannya dari luar kotak penalti masih mengarah tepat ke pelukan Tim Krul. Tembakan-tembakan dari luar kotak penalti masih menjadi sumber peluang untuk tim tamu. Memasuki menit 30, Santi Cazorla melakukan hal serupa dengan rekan-rekannya. tapi Krul masih bisa mengantisipasi tembakannya. Peluang terakhir pada babak pertama jadi milik tim tuan rumah. Sissoko melepaskan tendangan keras, tapi Szczesny bisa menepisnya. Beberapa saat setelahnya, sundulan Debuchy hanya mengenai mistar. Arsenal masih mendominasi jalannya pertandingan di babak kedua. Namun mereka juga tak bisa menciptakan peluang berarti karena Newcastle bertahan dengan baik. Kerja keras dari Arsenal akhirnya membuahkan hasil pada menit 65. Memanfaatkan tendangan bebas dari pemain winger Inggris, Giroud menggetarkan gawang Newcastle lewat sundulannya.

Arsenal nyaris menambah keunggulannya. Walcott lolos ke kotak penalti dan tinggal menghadapi kiper. Tembakan pertama Walcott bisa dihalau Krul. Sementara usaha keduanya masih digagalkan Debuchy di garis gawang. Szczesny membuat kesalahan yang nyaris blunder untuk Newcastle. Bermaksud untuk membuang bola. Tapi tendangannya malah mengenai Loic Remy dan bola berbalik. Dia masih beruntung karena arah bola masih melebar dari gawangnya. Newcastle punya peluang untuk menyamakan skor lewat Shola Ameobi. Tapi tendangan Ameobi masih bisa diamankan Szczesny. Di menit injury time, Hatem Ben Arfa melakukan aksi individu di sisi kanan dan sukses mengelabui Mathieu Flamini pemain yang berasal dari Prancis. Tapi penyelesaiannya masih melenceng.