Lazio Akhirnya Memecat Petkovic

Lazio Akhirnya Memecat Petkovic

Lazio Akhirnya Memecat Petkovic

Seperti yang sudah diperkirakan sebelumnya Lazio akhirnya mendepak Vladimir Petkovic dari jabatannya. Hanya karena permasalahan kontrak yang disepakati saat masih berstatus pelatih Lazio, membuat klub tersebut memilih untuk mendepaknya di awal tahun ini dan memperkenalkan mantan pelatih Edy Reja. Sebenarnya pihak klub sudah ingin menyingkirkannya sebelum Natal, ketika Petkovic secara bersamaan mengumumkan bahwa ia telah menyepakati kontrak dengan Federasi Sepakbola Swiss untuk membidani tim nasional pada Juli 2014. Biancocelesti tentu saja seperti mendengar petir di siang bolong. Karena Petkovic dianggap telah merusak kontrak yang telah disepakati pada awalnya bergabung dengan Lazio, apalagi sebelumnya sang pelatih mengaku tidak menerima pekerjaaan tersebut, sehingga terjadi ‘penipuan’ dan juga ‘pengkhianatan’, walau kontraknya baru akan berakhir pada musim panas 2014.

Dalam kurun waktu dua hari saja, pengacara klub telah mengunci negosiasi dengan Petkovic, untuk memutus kerja sama dengan kesepakatan bersama. Meski demikian Petkovic menolak dan rencana itu pun batal, sehingga pihak klub memutuskan untuk mendepaknya dari jabatan itu, dengan tuduhan telah melanggar kepercayaan kerja sama yang telah dijalin, di mana hal ini merupakan salah satu elemen penting dalam dunia kepelatihan. Waktu yang sangat berharga bagi klub Lazio, berakhir juga pada pemecatan Petkovic, yang harus didepak dari kursi kepemimpinannya dengan cara satu arah atau lainnya, karena bila hal tersebut tidak dilakukan mereka tidak dapat mendaftarkan Reja sebagai pelatih baru di musim ini.

Bahkan sejak 30 Desember lalu, Reja sudah mengambil alih sesi latihan tim dan baru akan didaftarkan pada pertengahan hari Minggu, karena bila tidak demikian ia tidak dapat mendampingi anak-anak asuhannya di bangku cadangan dalam duel besar melawan Inter Milan pada awal pekan nanti. Masalah ini kemungkinan masih belum berakhir dan bisa menjadi berlarut-larut, karena Petkovic telah mempersiapkan pihak pengacara dan berdebat kalau dirinya tidak melanggar kontraknya, sesuatu yang telah diungkapkan sebelumnya dan bahkan tidak tanggung-tanggung pihak pengacaranya sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk menuntut balik Lazio. “Mendengar kabar tersebut tentu saja Petkovic ingin menempuh jalur hukum karena ia merasa terkejut dan juga kecewa,” bunyi pernyataan dari pihak pengacara, Paco D’Onofrio per 1 Januari lalu.

“Tidak lama setelah menandatangani kontrak pada 23 Desember 2013, itu adalah salah satu keputusan moral yang diambil olehnya – karena tidak ada latar belakang yang ingin dilanggar atau menyalahi hukum yang berlaku – untuk memberitahukan kepada presiden Claudio Lotito sebelum kabar ini mencuat ke permukaan. Dengan demikian, ia menegaskan kembali niatannya untuk melanjutkan pekerjaannya dengan Lazio hingga akhir musim, seperti yang selalu terjadi antara pemain dan pelatih yang menjelang akhir kontrak mereka.”