Legenda Sepakbola Portugal Eusebio Meninggal

Legenda Sepakbola Portugal Eusebio Meninggal

Legenda Sepakbola Portugal Eusebio Meninggal

Legenda sepakbola Portugal Eusebio yang pernah menjadi top skorer Piala Dunia 1966, telah meninggal dalam usia 71 tahun karena serangan jantung. Lahir di Mozambique tahun 1942, saat masih menjadi kolono Portugal, Eusebio da Silva Ferreira telah bermain sebanyak 64 kali bagi Portugal dan telah mencetak 41 gol. Penyerang Benfica masa lampau pernah mencetak 9 gol di Piala Dunia 1966 Inggris, termasuk empat gol melawan Korea Utara. Dikenal luas sebagai salah satu pemain terbaik dunia, dia telah mencetak 733 gol dalam 745 pertandingan. Dalam beberapa hari ini Eusebio sudah dirawat di rumah sakit, dan sudah beberapa tahun mengalami perawatan terkait dengan masalah jantung dan pernapasan. Di masa aktifnya sebagai pemain sepakbola, Eusebio adalah pemain yang dikenal dengan akselerasi kilat dan dribbling yang luar biasa cepat, dia pernah mendapatkan penghargaan sebagai pemain terbaik Eropa tahun 1965.

Eusebio juga pernah memenangkan Liga Champions bersama Benfica tahun 1962 dan juga bermain untuk tim yang sama dan kalah melawan Manchester United di final tahun 1968 di Wembley. Semasa bermain bagi Benfica dia pernah mencicipi juara liga sebanyak 10 kali dan lima Piala Portugal dalam masa 15 tahun karirnya disana, dia juga sering menjadi langganan top skorer dengan tujuh kali. Penyerang yang juga kapten timnas Portugal Cristiano Ronaldo adalah beberapa yang memberikan penghormatan untuk sang legenda. “Selalu abadi, Eusebio, Rest In Peace,” mantan pemain Manchester United dan penyerang Real Madrid, ucapnya dalam akun twitter yang juga memposting foto keduanya bersama-sama. Mantan winger Portugal Luis Figo juga memposting tweet : “Sang Raja! Kehilangan yang besar bagi kami! Eusebio yang terhebat!”

Manajer Chelsea Jose Mourinho juga menyebut dia sebagai figur hebat bagi Portugal. “Saya rasa Eusebio adalah figur yang abagid. Kita semua tahu bagaimana artinya dia bagi sepakbola, terutama sepakbola Portugal.” “Dia bukan hanya menjadi inspirasi yang besar tapi juga figur yang penting dan memiliki nilai, prinsip, dan perasaan untuk sepakbola, bahkan hingga masa pensiunnya sebagai pemain.” Greg Dyke, Direktur FA juga mengatakan bahwa Eusebio dan Pele adalah pemain internasional yang paling dikenal di tahun 1960an. “Eusebio adalah Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo dimasanya,” kata Dyke pada media. “Setiap generasi memiliki pesepakbola terhebatnya. Dan Eusebio adalah pemain sepakbola berkelas dunia yang mencetak gol dalam jumlah yang sangat banyak. Dia memiliki bakat alami yang tidak dimiliki pemain lain.”

Gol Eusebio di Piala Dunia 1966 Inggris menolong negaranya untuk berada ditempat ketiga, setelah dikalahkan oleh tuan rumah – yang juga menjadi juara – di semifinal. Portugal memenangkan semua pertandingan di babak penyisihan grup dan disaat yang bersamaan juara bertahan Brazil gagal lolos dari babak penyisihan, Eusebio tampil sebagai pahlawan dalam kemenangan dramatis 5-3 atas Korea Utara di perempat final, dengan 4 gol berhasil dia sarangkan seorang diri saat timnya tertinggal tiga gol.