PSSI Sudah Tentukan Dua Wakil Indonesia Di Piala AFC 2014

PSSI Sudah Tentukan Dua Wakil Indonesia Di Piala AFC 2014

PSSI Sudah Tentukan Dua Wakil Indonesia Di Piala AFC 2014

Indonesia resmi tidak bisa mengirimkan wakilnya di ajang kompetisi Liga Champions Asia 2014 mendatang. Tidak ditemukan satupun nama klub Indonesia yang berada di dalam daftar yang dirilis AFC hari Selasa lalu. Di dalam daftar tersebut memuat 18 negara yang mendapat jatah berlaga dalam Liga Champions Asia baik yang secara langsung maupun yang harus melalui babak play-off terlebih dahulu. Indonesia terakhir kali mendapat jatah berlaga di Liga Champions Asia pada tahun 2012 melalui babak playoff. Persipura gagal melaju ke babak grup karena dikalahkan klub Australia Adelaide United, dengan skor 3-0. Meski gagal tampil di Liga Champions Asia 2014, Indonesia masih memiliki jatah untuk tampil diĀ  ajang AFC Cup 2014. Indonesia mendapatkan dua jatah tiket untuk mengirimkan wakilnya. Jatah tiket tersebut langsung ke babak utama kompetisi kasta kedua antar klub Asia.

Untuk menentukan siapa klub yang akan mewakili Indonesia, PSSI telah memberikan wewenang kepada Badan Eksekutif (Exco) PSSI untuk menentukan keputusan. Setelah menerima surat resmi dari AFC soal jatah Indonesia di Liga Champions Asia 2014 maupun di AFC Cup 2014, akhirnya Joko Driyono selaku sekjen PSSI mengumumkan bahwa Persipura Jayapura dan Arema Indonesia adalah dua klub yang akan dikirim menjadi wakil Indonesia di Ajang AFC Cup 2014 nanti. Ketika ditanya tentang alasan kenapa memilih kedua klub tersebut, Joko Driyono memberikan penjelasan bahwa dirinya hanya menyampaikan saja. Keputusan tersebut adalah mutlak keputusan Exco PSSI dan sudah bulat. Sebelumnya sudah ada tiga calon kandidat yang berpeluang yaitu Persipura Jayapura, Arema Indonesia dan Semen padang.

Pemilihan ke dua klub tersebut langsung dilakukan oleh Exco PSSI. Arema Indonesia adalah runner- up dalam ajang Indonesia Super League (ISL) musim 2012/2013, sedangkan Persipura Jayapura adalah juara Indonesia Super League (ISL) musim 2012/2013. Dengan demikian PSSI tidak memilih klub yang berasal dari kompetisi Indonesian Premier League (IPL). Kemungkinan keputusan tersebut diambil karena Arema dan Persipura menjadi juara setelah kompetisi ISL hingga selesai, sedangkan IPL hanya berlangsung setengah jalan.

Tahun ini wakil dari Indonesia di Piala AFC adalah Semen Padang dan Persibo. Semen Padang berhasil menembus babak perempat final sedangkan Persibo sudah harus tersingkir di babak penyisihan grup. Bahkan Persibo sempat membuat kontroversi besar. Ketika melawat ke Hongkong untuk melakoni pertandingan melawan Sunray Cave JC Sun Hei, Persibo hanya membawa 12 orang pemain. Sudah begitu para pemain Persibo satu persatu tumbang karena mengalami cedera hingga hanya menyisakan 6 orang pemain saja di lapangan pada menit ke 65. Sehingga wasit pun menghentikan pertandingan, Persibo kalah dengan skor 0-8.