Suarez Striker Liverpool Paling Bertalenta Yang Pernah Ada

Suarez Striker Liverpool Paling Bertalenta Yang Pernah Ada

Suarez Striker Liverpool Paling Bertalenta Yang Pernah Ada

Liverpool sudah dianugerahi banyak striker bertalenta dalam lima puluh tahun terakhir. Apakah Luis Suarez yang paling bertalenta di antara yang lain? Luis Suarez lagi-lagi memperlihatkan performa luar biasa pada hari Sabtu di Anfield saat Liverpool menjamu tim lawan, Fullham. Pemain Uruguay ini menyumbangkan dua gol dari empat gol yang mengantarkan kemenangan 4-0 The Reds itu. Liverpool memang beruntung karena memiliki banyak striker luar biasa saat masa kejayaannya, tapi apakah pemain berusia 26 tahun ini adalah striker paling berbakat yang pernah menjajak Anfield? Saat ini, belum ada pemain yang lebih baik daripadanya di Premier League. Walaupun melewatan enam game pertama musim ini, Suarez adalah salah satu calon top scorer Liga Inggris bersaing dengan Daniel Sturridge dan Sergio Aguero.

Suarez mencetak delapan gol dalam lima pertandingan. Tidak hanya golnya yang membuat Suarez spesial, kemampuannya untuk mengelabui lawan tidak bisa disaingi. Dia membuat banyak peluang dan celah untuk yang lain dan laju kerjanya benar-benar fenomenal. Untuk saat ini, tidak ada striker yang lebih baik darinya. Siapa yang berpotensi menjadi forward Liverpool paling bertalenta yang pernah ada dalam 50 atau 60 tahun terakhir?

1950/60-an

Billy Liddell adalah seorang superstar di Anfield pada tahun 50-an. Walau sering dimainkan sebagai sayap, dia juga bisa bermain sebagai gelandang dan mencetak 228 gol dalam 534 pertandingan. Sebagai pemain yang tinggi, Liddle kuat, cepat dan berpengaruh besar pada club. Tahun 60-an didominasi oleh duo maut Roger Hunt dan Ian St.John. Hunt adalah top scorer nomor Liverpool no.2 dengan total gol sebanyak 286.

1970/80-an

Setelah era duo Hunt/St.John berakhir di akhir tahun 60-an, pada tahun 70-an, Kevin Keegan dan John Toshack menggantikannya dengan sebutan klasik kombinasi ‘little and large’. Sebenarnya Toshack bukanlah pemain bola terhebat di dunia, namun ‘aerial prowess’-nya sungguh luar biasa. Keegan lah yang merupakan top star sebenarnya. Teknik yang lihai,cepat, dan pekerja keras, Keegan mirip dengan Sarez dalam gaya bermain. Setelah meninggalkan Anfield di tahun 1977, dia memenangkan Ballon d’Or dua kali berturut-turut.

Kenny Dalglish bergabung dari Celtic pada tahun 1977 dan termasuk fenomena di Anfield. Dia memenangkan 6 premier league, 3 European Cup, dan 2 FA Cup. ‘King Kenny’ mencetak 172 gol, membuat banyak peluang, bekerja keras, dan berperan dalam beberapa laga penting seperti partai final European Cup tahun 1978. Ian Rush adalah pencetak gol nomor satu sepanjang sejarah Liverpool. Gol yang ia sumbangkan untuk Liverpool berjumlah 346 dan sepertinya rekor itu sangat sulit dikalahkan dalam waktu yang lama. Mantan pemain Wales ini adalah finisher handal, bisa mencetak gol dengan tendangan volleys, headers, tap-ins, maupun solo. Seperti Hunt, Rush tidak dianugerahi kejeniusian, hanya kemampuan menyolok dalam menyetak gol.

John Aldridge menggantikan Rush di akhir tahun 80-an. John Aldridge menyetak sekitar 60 gol semasanya di Liverpool. 1990-an dan 2000-an, superstar baru bernama Robbie Fowler tiba di Anfield pada awal tahun 90-an dan tak dipungkiri ia termasuk pemain Liverpool yang paling berbakat. Tahun 1994-1997 adalah masa kejayaan Fowler dimana ia menyumbangakan 90 gol untuk Liverpool dalam tiga musim. ‘God’ ini bisa menyetak gol dalam berbagai macam tipe. Setelah Fowler, muncul lah Michael Owen yang menjadi pemain kesayangan bagi fans Liverpool. Walau sekarang ia tidak disukai oleh banyak fans Liverpool, Owen adalah pemain paling dipuja-puja pada akhir tahun 90-an dan awal tahun 00-an. Owen menyetak banyak gol dan ia memenangkan final FA Cup 2001 sendiri.

Kedatangan Fernando Torres dari Atletico Madrid pada musim panas 2007 menghebohkan Liverpool FC. Pemain Spanyol ini menjadi pemain terbaik di dunia di bawah kepemimpinan Rafa Benitez. Tidak ada yang bisa menghentikannya dalam tiga musim pertamanya di Liverpool. Torres akhirnya dibondol Chelsea dengan harga 50 juta pound. Kembali ke masa sekarang, era si jenius Luis Suarez. Suarez mungkin tidak lebih baik dari Rush, Kenny, atau Fowler karena mereka semua adalah pemain hebat dengan gayanya masing-masing, namun Suarez bisa saja melebihi mereka.